Tips Mengembangkan Bisnis di Dunia Maya
Di era
teknologi seperti ini, siapa yang ingin sukses harus bisa beradaptasi dengan
perkembangan teknologi yang semakin pesat. Mungkin, dulu banyak yang bertanya,
apa itu Facebook, Twitter, atau mungkin YouTube? Tapi sekarang, siapa diantara
kita yang tidak mempunyai akun salah satu diantaranya, atau bahkan semuanya?
Itulah sosial media, kekuatannya begitu dahsyat dan perkembangannya begitu
pesat.
Kekuatan
sosial media yang seperti itu tentunya akan sangat bermanfaat buat bisnis kita,
entah itu bisnis offline maupun online. Mungkin anda sudah mendengar cerita
atau bahkan mengalami secara langsung maupun tidak langsung bagaimana sosial
media begitu membantu. Pada tulisan ini saya akan memberikan tips bagi anda
para entrepreneur dalam pemanfaatan media social sebagai media pemasaran.
Manfaat
sosial media dalam berbisnis adalah sarana dalam membangun merek atau
istilah kerennya branding. Dengan aktif disalah satu situs jejaring sosial atau
bahkan lebih akan membuat produk lebih dikenal oleh calon target atau calon
investor. Hal ini tentu berdampak luar biasa pada brand produk atau jasa yang
hendak dipasarkan melalui media internet sebagai sarana iklan yang
murah dan efektif. Kenapa saya katakan murah dan efektif? Coba bandingkan biaya
yang harus ditanggung jika memasang iklan di situs jejaring sosial dengan
memasang iklan di media tradisional, seperti media massa dan media elektronik.
Selain itu efektivitas iklan akan jauh terasa. Semakin banyak orang yang
dikenal, maka semakin banyak orang yang bisa melihatnya.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam pemasaran bisnis menggunakan sarana internet...
1.
Buatlah Website
Ketika pelanggan
Anda mencari informasi tentang Anda atau produk dan jasa yang Anda jual,
pastikan Anda memiliki sebuah website yang dapat mereka kunjungi. Memiliki
halaman Facebook atau Twitter memang adalah hal yang baik, tetapi hal itu
hanyalah penopang dari bisnis Anda.
Website
Anda sendiri adalah tempat terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda dan 100%
dalam kendali Anda. Menyiapkan domain adalah step yang mudah dan tidak terlalu
mahal. Website Anda adalah tempat terbaik bagi pelanggan dan prospek untuk
berhubungan langsung dengan Anda. Perhatikan juga bagaimana cara untuk
mengembangkan efektifitas online shop Anda.
2.
Iklan Banner
Jika
bisnis offline memerlukan majalah, Koran bahkan TV, saat Anda menjalankan
bisnis online Anda dapat meringankan biaya promosi Anda. Iklan pada media
online sangatlah banyak jenisnya, tetapi mulailah dengan yang sederhana seperti
iklan Banner. Tampilan iklan di situs Web Anda akan membuat Anda diperhatikan.
Cobalah gunakan Google Adwords. Google Adwords memungkinkan untuk jangkauan
yang luar biasa dalam hal mempromosikan bisnis Anda.
Bentuk lain dari iklan banner dikenal sebagai
“pemasaran”. Ini menampilkan iklan banner kepada pengunjung yang
telah mengunjungi ke situs Anda dan pergi tanpa mengambil tindakan (membeli
sesuatu atau mendaftar untuk newsletter Anda misalnya). Dengan penandaan
pengunjung ketika mereka tiba di situs Anda, Anda kemudian dapat mengikuti
mereka di web dengan iklan. Pemasaran seperti ini ditawarkan oleh Google dan
perusahaan lain seperti Criteo.
3.
Email Marketing
Email
Marketing memang terlihat old fashion, tetapi hal ini memang paling
efektif dalam mengembangkan bisnis online Anda. Tentunya hal ini lebih
murah dan lebih baik daripada membeli daftar pemasaran. Buat panggilan yang
kuat untuk tindakan untuk pelanggan Anda untuk mendaftar ke newsletter
perusahaan Anda. Berikan konsumen banyak alasan untuk menyerahkan alamat email
mereka seperti akses ke konten eksklusif, pengujian produk, acara peluncuran,
hadiah produk dan insentif lainnya untuk membangun loyalitas dan hubungan yang
lebih mendalam. Jangan lupa untuk meminta izin mereka bagi Anda untuk
menghubungi mereka!
4.
Mudahkan Pencarian
Untuk
terkenal, tentunya Anda harus memudahkan pencarian bisnis Anda bukan? Google
AdWords adalah cara termurah untuk memulai iklan bisnis Anda secara online.
Ketika pengguna memasukkan permintaan pencarian ke Google mereka menggunakan
kata kunci atau frase yang menunjukkan niat mereka (apa yang mereka cari).
Google AdWords adalah salah satu alat
pencarian kata kunci yang memungkinkan Anda untuk penelitian tren kata kunci
dan membangun daftar kata kunci untuk digunakan dalam kampanye ADWORD Anda.
Alat manajemen tawaran ADWORD memungkinkan Anda untuk mengajukan budget Anda
pada kata kunci yang mengkonversi. Harga ini terkait dengan berapa banyak Anda
akan membayar bila pengguna mengklik iklan Anda berdasarkan kata kunci
menggunakan kata. Anda akan belajar apa kata kunci yang paling kompetitif untuk
industri Anda atau kategori, tetapi Anda akan segera mendapatkan biaya per
(pelanggan) akuisisi (BPA) yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk anggaran
kampanye. Untuk perubahan kecil Anda dapat mulai menguji kombinasi salinan
iklan yang berbeda dan mengkonversi lebih banyak lalu lintas. Jangan lupa untuk
menguji kampanye di search engine Bing dan Yahoo.
5.
Buatlah Blog
Mungkin sebagian dari kalian berpikir buat
apa membuat blog padahal sudah memiliki website. Tetapi, sebenarnya dengan
membuat blog Anda dapat menulis konten yang bermanfaat yang tentunya dapat
mengoptimalkan target pasar Anda. Dengan kata lain, hal tersebut memudahkan
Anda untuk bergaul dengan target pasar Anda. Lalu, jangan lupa koneksikan blog
Anda dengan website Anda. Pastikan Anda mendekati situs yang berhubungan dengan
bisnis Anda dan kredibel di mata pelanggan Anda. Itu berarti lalu lintas
tinggi, blog otoritas tinggi. Menawarkan untuk menulis editorial tamu atau
review produk.
6.
Optimalkan Tingkat Konversi
Terus pantau dan optimalkan saat menguji
halaman arahan secara online serta elemen desain. Seorang legendaris iklan,
David Ogilvy pernah berkata: “Jangan pernah berhenti menguji dan iklan Anda
tidak akan pernah berhenti meningkat”. Hal yang sama berlaku untuk situs
web. Alat seperti Optimizely dan Performable mengajarkan
Anda apa isi konversi yang terbaik dan kemudian mengoptimalkannya.
7.
Halaman Arahan
Setelah Anda memiliki website dan homepage
dan iklan Google, Anda mungkin harus mempertimbangkan pengujian “halaman
arahan”. Sebuah SEM kampanye besar atau strategi SEO membutuhkan halaman arahan
yang besar yang mengkonversi lalu lintas menjadi lead, pendaftaran atau
penjualan. Ada berbagai jenis halaman arahan dan hal yang berbeda yang dapat
Anda coba. Anda mungkin menguji kombinasi yang berbeda dari desain dan elemen
copy (seperti gambar spanduk dan panggilan untuk tombol tindakan) atau panjang
halaman yang berbeda (panjang atau pendek) untuk menemukan desain halaman
arahan yang sempurna yang memberikan tingkat konversi tertinggi.
8.
Sosial Media
Hal
ini adalah salah satunya yang wajib Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis
online Anda. Dengan adanya sosial media, Anda akan membuat pelanggan lebih
mudah dalam mencari tahu tentang perkembangan produk Anda. Selain itu, sosial
media adalah hal yang dapat dibilang sebagai "makanan sehari-hari"
para pelanggan di dunia..
Dengan
mengikuti beberapa tips yang telah saya bagikan diatas tentunya saya juga
berharap agar usaha yang sudah anda bangun dapat lebih berkembang. Penggunaan
media internet yang maksimal tentu akan membantu perkembangan bisnis anda.
Sebagai penutup saya ingin mengucapkan terimakasih telah membaca dan
mengunjungi blog saya. Semoga sukses untuk kita semua. Amin.
Source:
0 Response to "Tips Mengembangkan Bisnis di Dunia Maya"
Posting Komentar